Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Butuh Waktu Enam Bulan Mengubah Menu Makan Orangutan dari Nasi ke Buah-Buahan

  • Oleh Parnen
  • 08 Februari 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Seekor orangutan betina berumur 2 tahun yang sudah dievakuasi Pos Penjagaan BKSDA Sampit ke Pangkalan Bun tadi pagi (Rabu; 8/2/2017), merupakan satu dari sekian satwa dilindungi ini  yang memiliki selera makan berbeda. Tidak suka buah-buahan, melainkan suka makan nasi plus kecap.

Menanggapi pola konsumsi makan orangutan itu, Kepala Pos Penjagaan BKSDA Sampit, Muhriansyah mengatakan, minimal dibutuhkan waktu sekitar enam bulan lamanya untuk mengubah jenis makanannya ke buah-buahan.

"Selama menjalani masa rehabilitasi, secara perlahan orangutan tersebut akan mulai diajarkan atau diperkenalkan kembali pada makanan yang biasa dikonsumsi oleh orangutan yakni jenis buah-buahan, dengan porsi makanan kesukaan yang menurun. Mengingat nanti setelah menjalani masa rehabilitasi akan dikembalikan ke lokasi habitat asalnya di alam bebas," kata Muhriansyah.

Orangutan yang tak suka makan buah-buahan itu, lanjut dia, bukan yang pertama kalinya didapati pihaknya. Bahkan sebelumnya, ada juga orangutan yang lebih suka minum minuman bersoda seperti minuman Sprite kaleng.

"Jenis makan dan minum yang berbeda dari yang seharusnya itu, disebabkan karena orangutan ini selama tidak berada dilingkungan habitatnya atau saat dipelihara orang lain, orangutan itu jarang dikasih buah-buahan. Sehingga akhirnya menjadi terbiasa," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru