Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Darurat Narkoba, Pembentukan BNN di Kotawaringin Timur akan Dipercepat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Februari 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih menjadi salah satu tujuan para sindikat narkoba memasarkan barang haramnnya. Hal itupun membuat pemerintah daerah berupaya mempercepat pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNN).

'Saat ini untuk di Kotim sendiri peredaran narkoba memang paling tinggi se-Kalteng. Sehingga kami berupaya  segera membentuk BNN di daerah ini,' ujar Asisten Setda Kotim Sugian Noor, Rabu (8/2/2017).

Dengan terbentuknya BNN, harap dia, bisa memberikan efek positif terhadap pemberantasan narkoba. Sehingga yang saat ini hanya aparat kepolisian yang melakukannya, maka bisa terbantukan.

Saat ini Polres Kotim sudah berbuat maksimal memberantas narkoba. Bahkan beberapa waktu lalu mereka menangkap salah satu bandar terbesar di daerah ini, dengan barang bukti sebanyak 404,44 gram sabu.

Walaupun sudah maksimal dalam pemberantasan narkoab tersebut, namun tetap saja masih banyak pengedar, kurir, dan bandar yang beroperasi di daerah ini. sehingga dengan kehadiaran BNN nantinya bisa lebih optimal lagi pemberantasan narkoba di daerah ini.

Pemerintah daerah terus mempersiapkan pembentukan BNN kabupaten. Studi bandingpun sudah dilakukan ke Malang, dan rencananya akan kembali dilakukan ke daerah lain, untuk bahan pertimbangan dalam pembentukan BNN di daerah.

"Kami sudah menyiapkan lahan dua hektare di Lingkar Utara. Tapi di sana sekalian pembangunan rumah singgah. Mudah-mudahan dana disiapkan pemerintah pusat," ungkap Sugian.

Rancangan peraturan daerah terkait masalah tersebut juga telah disiapkan. Sedangkan kajian akademisnya masih dikonsultasikan, apakah diperbolehkan menggandeng perguruan tinggi lokal atau ada ketentuan lain. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru