Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan akan Optimalkan Kesejahteraan Kades

  • Oleh Parnen
  • 09 Februari 2017 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Wakil Bupati Seruyan, Yulhaidir juga mengungkapkan, minimnya tingkat kesejahteraan para kepala desa di wilayahnya. Sebelumnya, Bupati Seruyan Sudarsono menyodorkan fakta menyedihkan itu. Karena itu, Pemerintah daerah akan lebih mengoptimalkan upaya mendorong agar tingkat kesejahteraan kades dapat tercapai seperti diharapkan.

"Peran dan fungsi kepala desa dalam memimpin pemerintahan desa dan masyarakatnya ini sangat kompleks. Sehingga harus ada upaya dari pemerintah daerah untuk jauh lebih menunjang pengoptimalan kinerja kades di lapangan. Salah satunya, mengupayakan peningkatan soal penghasilan kades yang diterima tiap bulan. Ini agar mereka lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala desa," kata Yulhaidir, di Kuala Pembuang, Kamis (9/2/2017).

Terkait soal besaran penghasilan kades, Wabup Seruyan itu, menyampaikan, saat ini penghasilan yang diterima tiap kepala desa perbulan sekitar Rp2,5 juta perbulannya. Jumlah besaran tersebut, dirasa masih perlu penambahan terutama dari segi tujangan penghasilan.

"Yang Rp2,5 juta itu merupakan gaji. Nah kita upayakan untuk penerimaan tunjangan bagi mereka. Setidaknya kembali disesuaikan dengan penerapan UMK. Ya, kalau bisa perbulan kades bisa memperoleh penghasilan sekitar Rp4 jutaan per bulan. Tapi jangan sampai melakukan tindakan korupsi," ungkapnya. (PARNEN/N).

Berita Terbaru