Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuaca di Pangkalan Bun Dipengaruhi Fenomena Cold Surge

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Februari 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Fenomena cuaca di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), layaknya daerah lain juga, akan selalu berhubungan dengan cuaca di daerah sekitarnya.

Khusus untuk cuaca bulan November-Desember dan Maret-April di Pangkalan Bun dan sekitarnya, ada fenomena cuaca yang dikenal dengan sebutan cold surge atau aliran udara dingin lapisan permukaan yang menjalar dari bumi bagian utara ke selatan melewati garis khatulistiwa, melalui wilayah Asia Timur dan Tenggara.

"Cold surge terjadi ketika wilayah daratan Asia yaitu wilayah China mengalami musim dingin. Udara dingin ini bergerak menjalar menuju Asia Timur dan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia," jelas prakirawan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, Yolanda P Destyagani, pada Borneonews, Kamis (9/2/2017).

"Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi bagaimana cuaca di Pangkalan Bun. Udara dingin memberikan kontribusi uap air yang meningkatkan terbentuknya awan-awan penghasil hujan. Selain itu dengan posisi Pangkalan Bun yang berada dekat dengan ekuator yang secara otomatis menerima panas matahari dalam jumlah relatif besar," jelasnya.

Panas matahari menyumbang energi besar untuk pertumbuhan awan dan udara dingin membantu awan tumbuh menjadi lebih besar. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru