Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Membuat Tanaman Padi Petani di Kelurahan Padang Mati

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Februari 2017 - 15:00 WIB

Sukamara ' Akibat terendam banjir saat penyemaian benih padi membuat tanaman milik petani di Kampung Sambas, Kelurahan Padang, Kabupaten Sukamara mati dan tidak tumbuh, bahkan petani harus melakukan penyemaian dua sampai tiga kali.

'Kita saat melakukan penyemayan waktu itu memang dimusim penghujan, karena kondisi cuaca yang terus menerus hujan membuat lahan pertanian kita menjadi banjir,' kata seorang warga, Suhadi di kebunnya, Kamis (9/2/2017).

Menurutnya, kandungan air di wilayah pertaniannya memiliki zat asam yang sangat tinggi, sehingga membuat tanaman padi tersebut sangat mudah mati. Bahkan akibat rendaman air tersebut tidak hanya menyebabkan bibit tanaman padi saja namun juga tanaman lainnya.

'Sebelum menyemai bibit kelahan tersebut kita terlebih dahulu mengolah lahannya, jika tidak tanaman padi tersebut tidak bisa tumbuh dengan subur,'tuturnya.

Dijelaskannya, sistem yang diterapkan oleh petani untuk mengatasi zat asam yang tinggi tersebut, pihaknya harus memberi zat kapur terlebih dahulu pada lahan pertanian agar kandungan zat asam bisa sedikit berkurang.

'Setelah semua dilakukan baru kita bisa menyemai tanaman padi,' ucap Suhadi. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru