Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Replanting Sawit Dibidik Capai 1,5 Juta Ha Pada 2017

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 10 Februari 2017 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kalangan petani kelapa sawit nasional menargetkan dapat melakukan replanting atau peremajaan kebun tanaman kelapa sawit hingga 1,5 juta hektare (ha) sampai akhir tahun ini.

"Tahun ini, ada 1,5 juta ha yang di-replanting menggunakan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Asmar Arsjad, kepada pers di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Asmar tengah menyusun standar pelaksanaan pengembangan, dengan sedikitnya sembilan tanaman sela yang cocok dikembangkan di lahan-lahan yang tanaman kelapa sawitnya masih berusia 1 tahun hingga 4 tahun dan tanaman yang baru diremajakan.

"Sekarang ini sedang kami susun polanya seperti apa agar mudah diterapkan oleh petani-petani sawit. Tahun ini potensi replanting kebun sawit petani bisa 1,5 juta ha dan itu semua bisa diintegrasikan dengan tanaman sela," papar dia.

Beberapa tanaman sela yang dapat dikembangkan di lahan kelapa sawit yaitu padi, jagung, kedelai, dan mentimun. Program ini mampu meningkatkan produksi jagung di dalam negeri sesuai sasaran pemerintah.

"Belum lama ini petani telah menggelar pertemuan dengan otoritas perkebunan dan untuk tahun ini, pemerintah menjanjikan bantuan benih dan fasilitas pertanian lainnya untuk dapat mengembangkan jagung di lahan sawit," ujar Asmar.

Asmar menambahkan, saat ini luas lahan sawit milik petani 3,8 juta ha atau 41% dari total luas kebun kelapa sawit nasional, yaitu 11,3 juta ha. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru