Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikatan Kultur dengan India Untungkan Sawit Malaysia

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 10 Februari 2017 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski India termasuk salah satu pasar besar untuk produk sawit Indonesia, tapi Malaysia lebih diuntungkan ketimbang Indonesia dalam menjalin kemitraan dagang dengan Negeri Hindustan itu.

Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia Datuk Seri Mah Siew Keong mengatakan bahwa India dan Malaysia memiliki sejarah panjang dan ikatan budaya yang sangat erat, dan kini kedekatan itu berkembang menjadi hubungan diplomatik dan perdagangan.

Total ekspor minyak sawit dan produk sawit Malaysia ke India diperkirakan tumbuh menjadi 10% tahun ini dari 3 juta ton senilai US$1,97 miliar pada 2016, kata Kementerian Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia, seperti dilansir Bernama, Jumat (10/2/2017).

Pendirian pusat riset dan teknis milik Malaysian Palm Oil Board (MPOB) di Mumbai, India, yang dijadwalkan siap beroperasi pada Juni 2017, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang minyak sawit di India dan sekaligus mendongkrak impor komoditas tersebut, ujar Mah.

India saat ini menjadi pengimpor minyak sawit terbesar Malaysia, mengalahkan Tiongkok dan Uni Eropa.

'Meski volumenya hanya sekitar 30% dari total impor minuyak sawit negeri itu, tapi kami selalu menghargai dukungan India dan diharapkan perdagangan di antara kedua negara akan terus bertumbuh,' kata Mah dalam paparannya di acara Networking Seminar yang digelar di India. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru