Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Palangka Raya Terima Hibah Rp2 Miliar untuk Program SRMBR

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Februari 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah pusat melalui talangan Pemerintah Kota Palangka Raya memberikan dana hibah kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya sebesar RP2 miliar. Dana itu untuk melaksanakan program Sambungan Rumah Berpenghasilan Rendah (SRMBR).

Demikian diungkapkan Direktur PDAM Kota Palangka Raya Tridoyo Kertanegara, Jumat (10/2/2017).

"PDAM kembali melakukan program SRMBR pada setiap permukiman warga. PDAM kembali menerima dana hiba sebesar Rp2 miliar dari Kementerian Keuangan Pusat, meski program ini sudah berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Tridoyo.

Lebih lanjut, ia menuturkan, pada 2019 mendatang pihaknya menargetkan pemasangan sambungan ini sudah selesai 100 persen. Hal ini juga demi menghadapi kondisi penggunaan air tanah melalui pompa air yang kerap dilakukan masyarakat bahkan di poros Kota Palangka Raya.

"Nanti akan ada perdanya, sudah kita usulkan, semoga saja dikabulkan. Tapi sembari perda pemanfaatkan air tanah ini dibahas, kita juga membenahi kebutuhan air bersih seluruh warga Kota Palangka Raya. Jangan sampai ada alasan penggunaan air tanah karena PDAM tidak membuat sambungan air," sebutnya.

Sementara itu Fadli,warga Kota Palangka Raya yang memanfaatkan air tanah untuk pasokan air bersih di rumahnya, mengaku pemasangam sumur bor sudah dilakukan pihak developer (pengembang) sejak awal rumahnya berdiri.

"Dari developer memang air tanah ini, ya kita pakai ini saja. Kalau mau tarik retribusi ya silakan saja tapi harusnya yang diawasi itu developernya jangan masyarakat yang ditekan," sebut Fadli.

Pada dasarnya, lanjut Fadli, masyarakat pasti mendukung kebijakan pemerintah. Hanya, ia berpesan agar PDAM juga berbenah.

"Saya lihat air dari PDAM ikut kurang jernih, masih lebih jernih air kami yang pakai pompa air ini. Kalau PDAM mau warga berlangganan air mereka ya saran saya airnya harus benar-benar bersih, jangan kalah dengan air tanah yang biasa kami sedot sendiri ini," sebutnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru