Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FBIM Format Baru Diyakini Mampu Dongkrak Prestasi Lamandau di Provinsi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 Februari 2017 - 18:04 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Dinas Pariwisata Lamandau meyakini, melalui perubahan format yang akan dilakukan pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Kabupaten Lamandau 2017 diprediksi dapat mendongkrak prestasi kontingen daerah ini di level Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kita optimis dengan menyesuaikan karakteristik kecamatan justru akan dapat atlet kontingen yang benar-benar potensial. Karena kita tidak akan mewajibkan semua kecamatan mempertandingkan semua cabang," alasan Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Frans Effendi, Jumat (10/2/2017).

Dalam format baru itu, kata Frans, akan dibahas dan disesuaikan tentang potensi apa saja yang sekiranya dapat dimaksimalkan di setiap kecamatan.

"Misalnya kecamatan A fokus membina cabang lomba seperti Panahan, Sumpit, Balogo, sedangkan kecamatan lainnya fokus membina cabang lomba jenis lain," katanya.

Frans juga menilai, keikutsertaan kontingen FBIM asal Lamandau di tingkat provinsi hingga saat ini mengukir prestasi yang gemilang. Sehingga trobosan membuat format baru diharapkan mampu memaksimalkan potensi calon atlet.

"Persoalan kita di Lamandau ini bukan masalah kekurangan atlet, tetapi pola rekrutment dan seleksi atlet itu sendiri yang selama ini dilakukan kami nilai kurng tepat, karena atlet untuk FBIM sendiri umumnya berada di perdesaan yang secara umum sangat melekat dengan kebiasaan dan budaya lokal," katanya.

Frans juga memastikan pihaknya terus mematangkan persiapan melalui pelaksanaan FBIM dengan koordinasi secara intensif dengan pihak kecamatan, karena kedepan pihak kecamatan-lah yang menjadi penyelenggaranya, tandas dia. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru