Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Alternatif Truk CPO Menuju Pelabuhan Bagendang akan Dibangun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Februari 2017 - 18:43 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini mempersiapkan pembangunan jalan alternatif untuk lalu lintas truk pengangkut crude palm oil (CPO).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Machmoer, rencana pembangunan tersebut dalam tahap persiapan. Di mana nantinya jalur anternatif truk CPO akan dihubungkan mulai dari Desa Pondok Damar dengan Desa Ramban, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

'Saat ini untuk jembatan di Sungai Ramban sudah dalam proses pembangunan. Sedangkan untuk izin pelepasan kawasan yang nantinya dibuat untuk jalan tersebut masih diurus ke pemerintah pusat, karena ada yang masuk dalam kawasan hutan produksi,' ujar Machmoer, Jumat (10/2/2017).

Pembangunan jalan alternatif tersebut dilakukan karena saat ini truk penganggkut CPO dan buah sawit yang diantar ke Pelabuhan Bagendang masih menggunakan jalan negara dan jalur umum. Kondisi ini  dikeluhkan  masyarakat. Selain itu, dampak dari dilintasinya angkutan besar juga bisa membuat badan jalan cepat rusak.

Sementara, untuk dana pembangunan jalan tersebut, akan bekerjsama dengan perusahaan perkebunan.

'Apakah nanti melalui dana CSR atau lainnya, karena untuk pembangunan jalan khusus ini bisa saja menggunakan dana bukan dari pemerintah,' kata Machmoer.

Dengan adanya jalur alternatif nantinya, maka jarak tempuh truk CPO dari perkebunan yang ada di wilayah utara atau lainnya akan lebih pendek ketika menuju Pelabuhan Bagendang yang berada di Jl HM Arsyad, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Namun untuk kepastian pembangunan jalan tersbeut belum diketahui kapan. Karena anggaran pembangunannya dilakukan bertahap. (M HAMIM/B-5)

Berita Terbaru