Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apa Sih Souvenir Kenceng Ketel

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Februari 2017 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kenceng Ketel merupakan brand salah satu pusat souvenir khas Kalimantan Tengah. Mengapa anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok ini memilih Kenceng dan Ketel sebagai brand produk mereka, dan apa sebenarnya Kenceng dan Ketel ini

Harlina Rianty (30 tahun) salah seorang perajinnya memberikan penjelasan kepada borneonews.co.id, Sabtu (11/2/2017).

"Kenceng dan Ketel itu alat memasak Suku Dayak Ngaju. Kenceng berarti tempat menanak nasi dan ketel berarti tempat merebus sayuran," ungkap Herlina.

Wanita yang juga owner Depot Venus--khusus olahan jamur tiram--itu mengatakan sebagaimana fungsi dan kegunaan Kenceng Ketel, anak-anak muda ini ingin hadir dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Kalimantan Tengah dan membawa kemakmuran bagi wilayah ini.

"Visi kami adalah memperkenalkan produk khas Kalimantan Tengah dan juga budaya masyarakat Suku Dayak kepada masyarakat luas," tutur perempuan lulusan teknik listrik ini..

Karenanya, Kenceng Ketel menjadikan Bawie dan Jagau sebagai maskot dari brand Kenceng Ketel. "Bawie yang berarti gadis Dayak dan Jagau berarti Pemuda Dayak," tutup Herlina. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru