Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Babukung Tetap jadi Program Pariwisata Unggulan Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 Februari 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kendati anggarannya dicoret dari APBD 2017, Festival Babukung tetap menjadi program unggulan pariwisata Kabupaten Lamandau.

"Festival Babukung sudah menjadi program unggulan kepariwisataan. Jika tidak ada hambatan yang betul-betul emergency, pasti akan menjadi program unggulan setiap tahunnya," ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Frans Effendi, Sabtu (11/2/2017).

Pada dua tahun pertama (2014 & 2015) penyelenggaraannya, Festival Babukung didanai melalui slot anggaran dana hibah Dewan Adat Dayak (DAD) Lamandau. Pada 2016, Festival Babukung menjadi program resmi kepariwisataan di bawah Dinas Pariwisata Lamandau. Namun, dalam pelaksanaannya tetap tidak terlepas dari peranan DAD.

Frans juga menyebut, Festival Babukung sudah menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau. Untuk itu, pelaksanaannya akan terus dikembangkan dan menjadi kalender wisata tahunan.

"Apalagi, tahun lalu kita sudah mendapat masukan dari Kementerian Pariwisata bahwa kegiatan ini jangan sampai terputus. Bahkan mereka juga berkomitmen, agar Festival Babukung dapat masuk di kalender wisata kementerian," katanya.

Atas dasar itu, Frans juga yakin, pelaksanaan Festival Babukung masih akan menjadi program unggulan pariwisata tahun ini. "Meskipun sampai saat ini belum ada kejelasan anggaran kegiatannya," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-10)

Berita Terbaru