Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Programkan Jamban Komunal

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Februari 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara berencana kembali memprogramkan Jamban Komunal bagi masyarakat bataran. Program itu merupakan upaya mengubah kebiasaan masyarakat bantaran sungai di Kabupaten Sukamara untuk tidak Buang Air Besar (BAB) di jamban apung, 

'Rencananya tahun ini kembali kita programkan, namun untuk pembangunan jamban komunal tersebut belum dipastikan' kata Plt Dinkes Sukamara, Ahmad Lamsidi. Minggu (12/2/2017).

Menurut Lamsidi, membangun jamban komunal adalah salah satu cara mengubah kebiasaan masyarakat untuk tidak menggunakan jamban apung yang ada di sungai, sebab sebagian besar masyarakat bantaran masih menggunakan jamban apung untuk BAB.

'Harapan kita dengan dibangunnya jamban komunal ini bisa mempercepat program Open Defecatian Free (ODF) atau bebas dari BAB sembarangan.' Tuturnya

Untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan program jamban komunal tersebut berjalan karena masih menunggu kepastian dari dinas terkait untuk melaksanakan pembangunan. Sebab pihaknya hanya memprogramkan, namun dinas lainnya yang menjalankan. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru