Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Getah Karet Capai Rp11 ribu per Kilogram

  • Oleh Ramadani
  • 12 Februari 2017 - 17:21 WIB

BORNOENEWS, Muara Teweh - Harga jual getah karet alam di Kabupaten Barito Utara (Barut) terus naik dalam beberapa bulan terakhir. Jika harga sebelumnya sempat berada di kisaran di Rp 8.500 per kilogramnya, kini harga karet mencapai Rp11 ribu per kilogram.

Dengan kenaikan harga karet ini, maka secara otomatis dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya para petani dan warga yang memiliki kebun karet.

Menurut Surahman mengatakan salah seorang warga Desa Bintang Ninggi, kenaikan harga karet ini terjadi sejak beberapa bulan terakhir secara bertahap. Saat ini harga jual sadapan karet telah tembus Rp11 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 8.500 per kilogramnya.

"Kami bersyukur harga karet sudah membaik sekarang ini, harapan kita harga karet dapat terus naik atau tidak seperti dulu anjlok di harga Rp 4.000 per kilogram," kata Surahman kepada Borneonews di kediamannya, Minggu (12/2/2017).

Ia juga berharap, agar di Kabupaten Barut bisa berdiri pabrik karet. Sehingga harga jual karet di Kabupaten Barito Utara dapat lebih baik. "Mayoritas mata pencaharian masyarakat di desa-desa sebagai petani karet, adanya pabrik karet di daerah ini akan sangat membantu meningkatkan harga karet yang otomatis akan membuat perkonomian masyarakat menjadi membaik," tutup Surahman. (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru