Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Pekan tak Turun Hujan, Sungai Katingan Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Februari 2017 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Debit air Sungai Katingan mulai surut akibat dua pekan terakhir tidak turun hujan. Bahkan, di beberapa titik, nampak gundukan pasir (gosong) muncul di tengah-tengah sungai seperti yang terlihat di sekitar Jembatan Kasongan, Minggu (12/2/2017).

Surutnya debit air Sungai Katingan ini juga diiringi kualitas air yang keruh, sehingga dikeluhkan para pemilik keramba ikan di sungai tersebut. Menurut sejumlah pemilik keramba ikan yang ditemui sekitar Jembatan Kasongan, surutnya DAS Katingan di wilayah ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

"Mulai tidak ada hujan 10 hari terakhir menyebabkan air sungai ini berangsur surut, dan sekarang di sejumlah tempat sudah muncul gundukan pasirnya," sebut Imi, salah seorang pemilik keramba ikan di sekitar Jembatan Kasongan.

Menurutnya kondisi air sungai yang sering berubah-ubah menyebabkan ikan yang ada di keramba miliknya dan juga orang lain banyak yang mati terutama ikan yang berumur kurang dua bulan.

"Kalau surutnya lama kita khawatir dengan kondisi ikan di keramba kita, terutama yang masih kecil, sebab sekarang saja sudah ada yang mulai mati," imbuh Imi.(ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru