Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Kebakaran Lahan di Kotawaringin Timur, Ini Harapan DPRD...

  • Oleh M. Rifqi
  • 13 Februari 2017 - 09:27 WIB

BORNEONEWS - Sampit, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), aparat kepolisian dan TNI diharapkan sejak sekarang mewaspadai terjadinya kebakaran lahan. Apalagi tahun ini diprediksi musim kemarau berlangsung cukup panjang, sekitar tujuh bulan.

Kondisi itu ditambah pula sudah mulai munculnya asap tipis pada malam dan pagi hari. Diduga berasal dari pembakaran lahan apalagi hujan yang lama tidak turun.

Wakil Ketua DPRD Kotim Dewin Marang mengingatkan agar masyarakat dan perusahaan perkebunan kelapa sawit tidak membakar lahan, jika ingin membuka atau membersihkan lahan pertanian atau kebun.

"Api sulit dikendalikan di musim seperti sekarang, karena angin juga terkadang bertiup kencang," kata dia, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, pihaknya memahami jika masyarakat perlu beraktivitas membersihkan lahan untuk berladang atau berkebun. Namun, kebakaran lahan akan berdampak pada pencemaran udara dan menimbulkan dampak sosial terhadap masyarakat luas.

Karena itu dia mengingatkan Pemkab bersama kepolisian dan TNI untuk melakukan pencegahan kebakaran lahan sejak sekarang. Salah satunya sejak sekarang melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat ancaman besar kebakaran lahan pada musim kemarau tahun ini. (MUHAMMAD RIFQI/B-5)

Berita Terbaru