Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tagihan BPJS Kesehatan Pemkab Kobar Capai Rp10 Miliar

  • 13 Februari 2017 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tagihan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang ditanggung Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mencapai Rp10 miliar.

Tagihan itu merupakan tanggungan untuk 36.175 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) daerah yang memegang Kartu Kobar Sehat (KKS).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar Arif Susanto menuturkan, dalam APBD 2016, pemkab baru membayar tanggungan sebesar Rp5 miliar. Sisanya akan dibayar melalui APBD 2017.

"Tahun ini akan kami selesaikan. Karena ada pengurangan peserta JKN daerah, anggarannya tidak akan sebesar tahun lalu," sebut Arif, Senin (13/2/2017).

Dalam APBD tahun ini, sambung dia, akan dianggarkan dana sebesar Rp10 milir. Rinciannya, untuk membayar tunggakan pada 2016 sebesar Rp5 miliar dan anggaran JKN daerah 2017 sebesar Rp5 miliar.

Saat ini, Dinas Kesehatan tengah melakukan validasi data bagi peserta JKN daerah yang baru. Meski belum memiliki target waktu, Arif menyebut pihaknya bakal secepatnya menyelesaikan validasi data tersebut.

"Kami juga akan mengganti KKS dengan Kartu Indonesia Sehat. Hanya penyesuaian dengan pusat, pada prinsipnya sama," sebut dia. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-3)

Berita Terbaru