Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kotim ini Pertanyakan Eksistensi Tim Saber Pungli

  • Oleh M. Rifqi
  • 13 Februari 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Syahbana, mempertanyakan eksistensi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) bentukan Pemerintah kabupaten setempat.

"Beberapa waktu lalu dibentuk Tim Saber Pungli di Kabupaten Kotim, masyarakat tentu mempertanyakan kinerjanya," kata dia, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, pungli di Kotim diduga terjadi di berbagai bidang, terutama menyangkut pelayanan publik. Tetapi kinerja Tim Saber Pungli tidak terlihat. Tindaklanjut temuan tim tersebut juga tidak memuaskan.

"Seperti kasus pungli di salah satu kelurahan beberapa waktu lalu. Penanganannya malah terkesan tidak tegas karena diserahkan kembali ke inspektorat," ujar dia.

Syahbana mengatakan, setidaknya ada empat fungsi yang dimiliki Tim Saber Pungli sebagai eksistensi kinerjanya. Yakni fungsi intelijen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta fungsi yustisi.

"Fungsi-fungsi itu harus terlihat untuk menunjukkan kinerja Tim Saber Pungli. Sehingga tidak terkesan tim itu asal dibentuk, tetapi kinerjanya hampir tidak nampak," kata Syahbana. (MUHAMMAD RIFQI/B-11)

Berita Terbaru