Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelepasliaran Satwa Tunggu Rekomendasi Dokter Hewan

  • Oleh Ramadani
  • 13 Februari 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pelepasliaran satwa-satwa yang diserahkan oleh warga Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) tidak bisa sembarangan. Pihak BKSDA menunggu rekomendasi dari dokter hewan yang terlibat. 

'Kita tidak bisa langsung melepas binatang-binatang tersebut ke alam bebas, karena masih menunggu rekomendasi dari dokter hewan dari segi kesehatan hewan serta uji kesesuaian makanan yang ada dari alam,' kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Muara Teweh Nizar Ardhanianto, Senin (13/2/2017)

Menurutnya, kenapa harus ada rekomendasi, sebab satwa-satwa tersebut sudah terlalu lama dipelihara masyarakat. Bahkan, makanannya pun berubah. Oleh sebab itu, pelepasliarannya harus disesuaikan dengan kondisi alam terutama untuk makanan yang ada dihutan seperti buah kayu hutan serta semut dan lain-lain.

Di samping itu, untuk memberi keamanan terhadap binatang-binatang itu dari serangan hewan lain yang ada di hutan. 'Untuk pelepasliaran akan dilakukan di cagar alam Pararawen, Kecamatan Teweh Tengah setelah kondisi hewannya sudah bisa menyesuaikan diri dengan kondisi hutan. Namun semua itu tergantung dari hasil uji atau rekomendasi dari dokter hewannya terlebih dahulu,' imbuhnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru