Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Satu Calon Bupati Tandatangani Komitmen di Kantor Ombudsman Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 Februari 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kalimantan Tengah (Kalteng) diminta untuk menandatangani tiga komitmen. Penandatanganan dilangsungkan di aula Kantor Ombudsman RI Perwakilan Kalteng.

Namun nyatanya hanya satu calon bupati yang langsung dan menandatangani. Dia adalah Edy Raya Syamsuri. Edy Raya merupakan calon bupati di Pilkada Barito Selatan pada 15 Februari 2017.

Sementara lainnya ada yang diwakilkan kepada calon wakil bupati, diwakilkan kepada tim kampanye, bahkan ada yang tidak diwakilkan sama sekali sebanyak empat pasangan calon (Paslon). Artinya, banyak yang tidak datang ketimbang yang datang. Ombudsman gagal mendatangkan keseluruhan Paslon dalam acara tersebut.

"Tidak semua datang. Tapi tetap saya harap ada dampak positif pasca terpilih dan dilantiknya salah satu Paslon yang menang nanti, yaitu pelayanan publik yang baik, transparan, akuntabel, dan tidak maladministrasi," kata Kepala Perwakilan ORI Kalteng, Thoeseng TT Asang.

Belum diketahui apa alasan dibalik ketidakhadiran empat Paslon atau perwakilannya yang semuanya berlaga di Pilkada Kobar tersebut ke kantor ORI Kalteng Jalan H. Ikap Nomor 30 Palangka Raya. Total ada tujuh pasangan calon (paslon) di Kalteng yang menjadi petarung di dua Pilkada serentak. Dua paslon di Pilkada Barito Selatan (Barsel), dan lima paslon di Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar).

Diketahui, ada tiga komitmen yang ditandatangani dan hal ini berlaku ketika mereka benar-benar terpilih menjadi kepala daerah. Tiga pernyataan Komitmen itu adalah Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Berkualitas, Keterbukaan Informasi Publik dan Anti Narkoba. Penandatanganan pernyataan komitmen berlangsung dihadapan Wakil Gubernur, Komisi Informasi (KI), dan KPU serta Bawaslu Kalteng.

"Kalau Ombudsman sudah pernah menerapkan pelaksanaan komitmen ini, tapi kalau bagi KI Kalteng baru pertama ini menerapkan komitmen KIP kepada paslon Pilkada," terang Ketua KI Kalteng, Satriadi kepada Borneonews.co.id. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru