Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Programkan Jamban Sehat di 10 Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Februari 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Upaya mempercepat Program Open Defecatian Free (ODF) atau bebas dari Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara kembali memprogramkan Jamban Keluarga di 10 desa yang ada di Kabupaten Sukamara.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Ahmad Lamsidi mengatakan, program jamban keluarga ini menyasar kepada rumah tangga yang belum memiliki jamban atau WC pribadi, agar kebiasaan warga BAB sembarangan bisa cepat teratasi.

'Program ini hanya dilakukan di empat kecamatan saja yakni Kecamatan Sukamara, Kecamatan Balai Riam, Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Permara Kecubung,' kata Ahmad Lamsidi, Senin (13/2/2017).

Menurut Lamsidi, sejauh ini program tersebut sudah berjalan baik. Dari tahun ke tahun, program Jamban Keluarga mampu mengurangi kebiasan BAB sembarangan di beberapa desa, meskipun tidak sepenuhnya berhasil. 'Untuk itu program ini kembali kita programkan,' tuturnya.

Ia merinci 10 desa yang akan melaksanakan program Jamban Keluarga tersebut yakni Desa Sei Damar, Sei Cabang Barat, Sei pasir, Suka Raja, Natai Sedawak, SP5, Kenawan, Lupu, Balai Riam dan Jihing . (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru