Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nikah di Bawah Umur masih Marak di Murung Raya

  • Oleh Supri Adi
  • 14 Februari 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Menjadi salah satu kabupaten yang masih dalam tahap pembangunan, Pemkab Murung Raya (Mura) tentu memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, baik dari segi infrastuktur maupun sisi sosial kemasyarakatan.

Khusus dari kehidupan sosial kemasyarakatan, persoalan pernikahan dini atau di bawah umur sepertinya patut menjadi perhatian serius.

Pasalnya, menurut Kepada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) Kabupaten Mura, Lynda Kristiane, angka pernikahan di bawah umur di Bumi Tira Tangka Balang tergolong tinggi bila dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Termasuk tinggi angkanya (nikah bawah umur) dan hal ini dipengaruhi banyak faktor," sebut Lynda saat dimintai konfirmasi melalui WhatsApp pada Senin (13/2/2017) malam.

Menurut dia, beberapa faktor penyebab tingginya angka pernikahan di bawah umur di Murung Raya antara lain budaya, lingkungan, ekonomi, serta tingkat pendidikan yang masih relatif rendah.

Kasus pernikahan di bawah umur banyak ditemui di daerah perdesaan. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru