Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kantor Gubernur Ditanami Cabai Rawit

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Februari 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terletak di Jalan RTA Milono, Kota Palangka Raya, ditanami cabai rawit dan jagung.

Ratusan bibit cabai dan jagung itu disemai di tanah tidak terlalu luas, di samping kanan gedung utama atau di belakang bangunan dua lantai yang terbakar 2015 lalu.

Demplot atau percontohan bibit cabai dan jagung yang ditanam di kantor gubernur itu diharapkan menjadi trigger atau pemicu bagi perkantoran lain di lingkup pemprov dan pemkab se-Kalteng, seperti yang diharapkan Gubernur Sugianto Sabran.

'Itu ditanam oleh bagian Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng, tetapi bukan pada bidang kami. Tetapi yang jelas, itu dalam rangka respons kami terhadap instruksi gubernur saat sidak di beberapa kantor dinas bulan lalu,' ungkap Kepala Bagian Bina Sarana Perekonomian Suryadi, yang juga Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng.

Setiap pagi dan sore, ada petugas yang memelihara dan memantau perkembangan bibit cabai yang ditanam di luas lahan sekira 10 x 20 meter itu. Selain menyiram, juga membersihkan gulma di area tersebut. Ada pula bibit tanaman lain tetapi hanya sebagian kecil yang ditanam di sekitar demplot.

Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Dewi Erawati mengatakan, bibit cabai dan jagung yang akan dibagikan kepada aparatur sipil negara (ASN) dan perkantoran masih disiapkan. Nantinya ada 1.000 bibit yang dibagikan. (Roziqin/B-3)

Berita Terbaru