Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Karhutla di Sukamara Terkendala BPBD

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Februari 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Belum adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Sukamara dinilai menjadi kendala dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah ini. Mengingat untuk mengatasi kebakaran daerah hanya mengandalkan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan TNI saja.

Menurut Kapolres Sukamra AKBP Rade Mangaraja Sinambela, apabila sudah terbentuk BPBD maka penanganan Karhuta bisa lebih efektif karena di dalamnya terdapat personel yang terlatih dalam melakukan tugas.

'Saat ini kita hanya menjalin kerjasama dengan Damkar dan TNI dalam menagani kasus kebakaran, sehingga penanganan hanya dilakukan sesuai dengan kemampuan yang ada,' kata Rade, Selasa (14/2/2017).

Menurut Rade, dalam mengatasi bencana kebakaran Damkar dan TNI hanya bisa menagani di wilayah yang bisa terjangkau oleh kendaraan. Sedangkan di dalam hutan pihaknya tidak melakukan pemadaman karena terkendala peralatan yang minim.

'Untuk itu, kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar membentuk BPBD untuk menanggulangi jika terjadi kebakaran bisa teratasi meskipun kejadian jauh barada di dalam hutan,' tutur Rade. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru