Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesenian Tradisional Khas Jawa Timur Tetap Lestari di Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 14 Februari 2017 - 16:49 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Permainan alat musik tradisional khas Jawa Timur, hingga kini masih jadi salah satu andalan hiburan bagi warga di daerah transmigrasi di Kabupaten Seruyan. Seperti di Desa Mekar Indah, kawasan Transmigrasi Unit IV, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Selasa (14/2/2017), saat ada kunjungan rombongan Bupati Seruyan Sudarsono dan Danrem 102/Pjg Kolonel Kolonel Arm M Naudi Nurdika para tamu disuguhi gamelan campursari.

Di desa itu, cuma terdapat satu kelompok yang selalu setia memainkan kesenian tradisional khas Jawa Timur tersebut. Oleh warga sekitar, mereka memberi sebutan kelompok Siswobudoyo.

"Dalam kelompok kesenian ini kita beranggotakan 12 anggota. Delapan laki-laki dan empat orang perempuan," kata Miskam (56), ketua kelompok kesenian Siswobudoyo, saat dibincangi Borneonews disela kesibukannya memainkan alat musik andalannya, Selasa (14/2/2017).

Adapun jenis alat musik yang dimainkan, lanjut dia, antara lain berupa gamelan, bonang, terompet reog, angklung reog, dan saronen serta lainnya.

"Kita rutin memainkan semua jenis alat musil ini. Sementara dari anggota perempuan seluruhnya gabungan vokalis membawakan tembang lagu kesenian saat alat musik dimainkan," ujarnya.

Permainan alat musik yang dimainkan baik sekedar mengisi waktu luang bersama atau saat ada kegiatan di desa, sambung, Pak Miskam, setidaknya dapat sedikit mengobati rasa rindu terhadap keluarga yang berada di kampung halaman.

"Melalui permainan alat musik tradisional ini juga, kami turut mengajak seluruh warga masyarakat tanpa membedakan status, suku dan budaya untuk terus mempererat rasa tali persaudaraan. Karena perbedaan itu merupakan suatu keindahan," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru