Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hunian Pertama Warga Transmigrasi Desa Mekar Indah yang Dibangun Tahun 1991

  • Oleh Parnen
  • 14 Februari 2017 - 18:29 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Rumah berkonstruksi kayu di kawasan transmigrasi Desa Mekar Indah, Kecamatan Seruyan Hilir Timur ini memiliki nilai historis. Pasalnya, rumah inilah yang pertama kali dibangun sekaligus asal-muasal terciptanya kawasan transmigrasi.

"Atap kayu rumah itu sebagian besar masih kuat sampai sekarang. Paling kalau bocor, itu cuma di bagian atap yang terbuat dari bahan seng. Tapi sudah diperbaiki oleh penghuninya," kata Sito (70), warga Desa Mekar Indah, asal Jawa Timur, Selasa (14/2/2017).

Bentuk rumah itu dibangun memanjang, dengan struktur bagian depan yang agak tinggi tersebut. Menurut Sito, itu merupakan salah satu saksi hidup bagi warga yang sudah puluhan tahun menghuni desa ini.

Saat ini, jumlah Kepala Keluarga di kawasan transmigrasi itu ada sebanyak 176 jiwa.

"Tak banyak warga yang melakukan perehaban total. Paling cuma melakukan perbaikan tanpa harus merubah bentuknya. Bangunan rumah yang sangat sederhana itu, menunjukan struktur tingkat kehidupan warga desa yang juga sangat sederhana dalam keseharian di lingkungan pedesaan," ungkapnya. (PARNEN/B--11)

Berita Terbaru