Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Metode EDFAT Melatih Cara Pandang dengan Detil yang Tajam (1)

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Februari 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk mendapatkan foto yang bagus, butuh latihan. Selain itu, ada sebuah metode yang bisa diterapkan oleh fotografer dalam praktek sehari-hari.

Menurut Chistian Ribut, salah seorang anggota komunitas Fotografi Citra Kecubung Photography Community (CKPC) Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) metode tersebut diketahuinya saat mengikuti workshop dan lomba fotografi jurnalistik Dari Balik Lensa (DBL) Media Indonesia yang bekerjasama dengan Borneonews tahun 2014 silam.

"Metode tersebut disampaikan oleh Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia Hariyanto dalam sesi workshop. Namanya metode EDFAT," jelasnya

Dengan memahami metode ini, seorang fotografer bisa melatih diri untuk memahami cara pandang pada hal-hal yang detail dan tajam dari sebuah peristiwa yang cukup luas.

"EDFAT sebenarnya singkatan dari Entire, Detail, Frame, Angle dan Time. Metode ini awalnya diperkenalkan Walter Cronkite School of Journalism and Telecommunication Arizona State University sebagai salah satu metode pemotretan untuk melatih cara pandang melihat sesuatu dengan detil yang tajam," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru