Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara Sarankan Tangkap Pelaku Tambang Ilegal

  • Oleh Ramadani
  • 14 Februari 2017 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara, Suriawan Prihandi mengatakan pemerintah perlu melakukan pengawasan terhadap tambang di daerahnya. Pasalnya pemerintah pusat telah menetapkan luasan areal tambang di Barito Utara hanya seluas 14.281,06 hektare.

Tapi berdasarkan data Dinas Pertambangan Kalteng 2016, luas areal tambang di Barito Utara mencapai 793.918,4 hektare. Dengan data itu maka banyak perusahaan tambang yang tidak masuk dalam izin kawasan peruntukan tambang atau ilegal yang berada dalam APL.

'Apabila terbukti tambang tersebut ilegal, maka kita perlu tangkap perusahaan tersebut dan tutup tambangnya' tegasnya. Menurutnya banyak perusahaan yang tidak melakukan kewajibannya seperti reklamasi dan CD CSR, sehingga bekas galian dibiarkan menganga serta tidak ada kontribusi bagi masyarakat sekitar tambang.

Hal ini perlu menjadi perhatian bersama antara eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap ijin tambang dan aktivitas mereka. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru