Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diperindagkop UMKM Murung Raya Segera Bentuk Koperasi di Desa Paling Terpencil

  • Oleh Supri Adi
  • 15 Februari 2017 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Murung Raya (Mura) segera membentuk koperasi di desa paling terisolasi yakni Desa Tumbang Topus, Kecamatan Uut Murung.

Kepala Disperindagkop UMKM Kabupaten Mura Kariadi kepada Borneonews, Selasa (14/22017) sore, mengatakan bahwa pihaknya berencana berangkat ke Desa Tumbang Topus di atas tanggal 20 Februari 2017.

"Pergi ke sana (Tumbang Topus) perlu persiapan yang matang dan kita ketahui desa paling jauh ini belum ada koperasi. Makanya kita akan segera bentuk. Sebab masyarakat di situ juga perlu pembinaan," tuturnya.

Menurut Kariadi, pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak mengenai kemungkinan pemerintah kabupaten menyalurkan dana segar sebagai modal awal pembentukan koperasi di Desa Tumbang Topus.

"Terlepas dari itu semua, sebuah koperasi hidup dari iuran wajib maupun iuran pokok para anggotanya. Soal bantuan kita masih belum tahu bisa atau tidak." tambah Kariadi lagi.

Saat ditanya apakah jumlah penduduk Desa Tumbang Topus yang masih sedikit akan mempengaruhi eksistensi koperasi, Kariadi menuturkan bahwa keberlangsungan sebuah koperasi tergantung dari usaha pengurus maupun kedisiplinan anggota dalam memajukan badan usaha tersebut.

"Masalah sedikitnya anggota di Desa Tumbang Topus tidak menjadi penghalang dalam pembentukan koperasi di sana," sebutnya. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru