Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Kapuas Turun Tangan Ciduk Pelaku Pembantai Orangutan

  • Oleh Roni Sahala
  • 15 Februari 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang turun langsung memimpin tim memburu para terduga pelaku kejahatan terhadap orangutan. Dia bersama anggotanya berhasil mengamankan 10 orang yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

Kapolres Kapuas bersama tim berangkat pada Selasa (14/2/2017) sekitar pukul 23.00 WIB ke lokasi yang diduga tempat kejadian yakni di areal PT Susantri Permai. Pada pukul 06.00, para terduga pelaku berhasil dijemput di Kamp Tapak dan dibawa ke Polsek Kapuas Hulu.

"Pagi hari ini, pukul 06.00 telah diamankan 10 orang masyarakat atas nama Ariyanto CS yang terindikasi dan terdapat kesesuaian dengan foto yang kita pegang," kata AKBP Jukiman.

Setelah mengamankan para pelaku, pihaknya langsung melakukan gelar perkara di Polsek Kapuas Hulu. Dari gelar perkara itu didapat peran setiap orang yang diamankan.

Antara lain ada yang bertindak sebagai penembak, kemudian sebagai pembacok, dan seorang perempuan yang berperan mengolah bangkai orangutan untuk dimakan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah orang diduga sengaja memburu orangutan yang memasuki areal perkebunan. Berbekal senapan angin, nyawa primata dengan kemiripan genetis mendekati 100 persen dengan manusia itu dihabisi.

Setelah dibunuh, bangkainya kemudian dibawa ke Kamp Tapak PT Susantri Permai untuk dikuliti. Setelah itu diolah dengan bumbu, dimasak, dan dikonsumsi. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru