Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPD-RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 15 Februari 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kemajemukan bangsa Indonesia, keberagaman agama dan suku, budaya, adat istiadat dan bahasa ideologi Pancasila sebagai dasar negara merupakan rumusan yang tepat dan pas bagi bangsa Indonesia. Sehingga di dalam Pancasila terdapat sisi ketuhanan, sisi kemanusiaan, keadilan dan kemakmurannya.

"Semua tatanan Indonesia ini sudah diatur dalam ideologi yang pas jika dibandingkan dengan negera seperti Prancis, Myanmar dan Turki yang menganut paham sekuler dan liberal," beber anggota DPD RI, H Muhammad Rahman saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Balai Bahaum Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Selasa (14/2/2017) malam.

Di hadapan ratusan warga ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lunturnya ideologi. Salah satunya adalah faktor globalisasi. Di mana, arus budaya luar begitu saja diterima dan menjadi gaya hidup sementara budaya bangsa Indonesia sendiri belum tentu mau diterima orang luar.

Selain itu, faktor globalisasi, adanya keinginan sekelompok orang yang tidak cocok dengan ideologi Pancasila sehingga terus berupaya melunturkan sendi dan nilai dasar bangsa Indonesia.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dihadiri sekitar 300 orang ini ada dua agenda penting yaitu Sosialisasi dan dengar pendapat yang merupakan kewajiban anggota MPR RI/DPD RI untuk melaksanakan kegiatan di dapil yang telah ditentukan oleh pusat.

Dalam kegiatan itu, hadir pula H Sukirman serta Kodim 1014/Pangkalan Bun sebagai pemateri. Muhammad Rahman juga meminta kepada beberapa peserta untuk maju dan mengucapkan Pancasila serta UUD 45 tanpa teks (menghapal). (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru