Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Api di Katingan Masih Nihil

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Februari 2017 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meskipun sebelumnya sejumlah lahan sekala kecil di wilayah Kecamatan Katingan Hilir mulai terbakar, namun hingga kini belum ada titik api atau hot spot yang terpantau.

"Sampai hari ini di Kabupaten Katingan titik api masih nihil," sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan Hap Baperdo, Rabu (15/2/2017).

Masih nihilnya titik panas ini, kata dia, kemungkinan adanya turun hujan sejak dua hari terakhir, sehingga jika ada kebakaran skala kecil langsung padam sebelum membesar dan terpantau oleh satelit NOAA.

"Katingan sejauh ini bisa dikatakan masih aman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu. Tapi kita harus tetap mewaspadai kedepannya terutama saat lama tidak turun hujan, sebab kebiasaan warga saat pembersihan lahannya masing-masing yaitu dengan cara bakar karena mudah dan murah," katanya.

Hap Baperdo menuturkan akibat dua pekan tidak diguyur hujan sebelumnya, daerah aliran sungai (DAS) Katingan yang membentang dari wilayah hulu sampai ke hilir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa itu sudah terlihat menyurut. "Sekarang pun meski ada dua kali turun hujan, kondisi Sungai Katingan masih tetap surut terutama wilayah Kasongan dan sekitarnya," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru