Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Rutin Pantau Jajanan Kantin di Sekolah agar Dipastikan Aman Dikonsumsi

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Februari 2017 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Memastikan makanan yang dikonsumsi aman bagi para pelajar, Puskemas Sukamara melakukan pengawasan rutin terhadap jajanan yang dijual oleh kantin sekolah.

'Pemantauan ini dilakukan bertujuan agar makanan dan minuman yang dibeli anak-anak aman dikonsumsi,' kata Kepala UPTD Puskesmas Sukamara, Darmadi, Rabu (1/2/2017).

Menurutnya, dalam melakukan pemantauan tersebut pihaknya akan mengambil sampel dari jajanan yang dijual untuk dilakukan pemeriksaan apakah mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pewarna buatan dan bahan lainnya yang tidak sehat untuk dikonsumsi anak-anak.

'Apabila kita menemukan makanan tidak sehat kita hanya akan memberikan saran kepada pemilik kantin agar makanan tersebut tidak kembali dijual dan diganti dengan makanan yang lebih sehat, kerena dikhawatirkan anak yang mengkonsumsi makanan itu terkena dampak buruk yang bisa menggangu kesehatannya,' tuturnya.

Melalui pemantauan itu pula, pihaknya akan menyampaikan hasil pemeriksaan kepada sekolah agar pihaknya bisa mengambil kebijakan terhadap masalah tersebut mengingat hal itu demi kebaikan para siswa.

'Dulu kita memang sering menemukan air minum yang dijual tidak sehat, karena air yang diberikan tidak dimasak terlebih dahulu namun dengan adanya pemeriksaan rutin ini kita sekarang sudah tidak menemukan hal semacam itu lagi.' Ucap Darmadi. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru