Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Raker Gabungan Dinilai Bermanfaat bagi Kades Baru

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Februari 2017 - 14:38 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Rapat Kerja (Raker) gabungan yang dihadiri camat, kepala desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kabupaten Lamandau yang diagendakan berlangsung Kamis-Jumat (16-17/2/2017), dinilai sangat bermanfaat, khusuanya bagi para kades yang baru terpilih pada Pemilihan Kades (Pilkades) serentak Oktober 2016 lalu.

"Bagi sebagian pihak kegiatan ini mungkin sudah tidak aneh lagi, karena sudah merupakan agenda rutin tahunan, tapi saya yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat khusunya bagi para kades baru hasil pilkada serentak tahun 2016 lalu," kata Bupati Lamandau Marukan saat memberi arahan pada pembukaan Raker yang bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang, Nanga Bulik, Kamis (16/2/2017).

Marukan menyebut, hasil dari Pilkades Serentak di Lamandau 2016 lalu, terdapat 40 kades yang baru dan juga telah dilantik. Karena itu, sebut Marukan, maanfaatkanlah kegiatan raker ini sebagai salahsatu modal untuk mengawali kinerja di tempat tugasnya mereka.

"Saya ingatkan khususnya kepada para kades baru, memimpin pemerintahan itu ada aturan mainnya, termasuk di tingkat desa sebagai ujung tombak pembangunan, tidak bisa seenaknya. Untuk itu, manfaatkanlah waktu raker ini untuk menimba ilmu, manfaatkanlah untuk bertanya segala hal termasuk regulasi pemerintahan desa yang belum dimengerti, jangan malu-malu, karena nanti setelah bekerja tidak ada lagi istilah tidak tahu," katanya.

Marukan juga menyadari, dari 40 kades terpilih belum lama ini, memang ada beberapa kades lama yang terpilih kembali, namun tetap kegiatan yang dimksudkan sebagai sarana penyamaan persepsi, singkronisasi dan koordinasi tersebut dianggapnya tetap penting untuk diikuti.

"Koordinasi dan singkronisasi itu ibarat kata yang mudah diucap tapi sulit dilaksanakan, untuk itu pada akhirnya baik kades baru maupun kades lama tetap harus serius mengikuti semua kegiatan pada raker ini," tandasnya.

Sementara itu, dari pantauan Borneonews, seluruh camat, kades dan BPD peserta raker tampak serius mengikuti kegiatan. Terlebih kegiatan inipun menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidngnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru