Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ingin Kesuksesan Poktan Agro Sejahtera Dicontoh

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Februari 2017 - 21:44 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Marukan menghadiri syukuran panen padi sawah milik kelompok tani (Poktan) Agro Sejahtera, Desa Bumi Agung, Kecamatan Bulik, Kamis (16/2/2017).

Dalam syukuran panen padi tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat FKPD Lamandau, antara lain Wakil Ketua DPRD Lamandau, FX. Perwiragato, Kapolres Lamandau, AKBP. Johanes Pangihutan Siboro, Kajari Lamandau, Ronal H. Bakara, Perwira Penghubung Kodim 1014 Pangkalan Bun serta Danramil Bulik.

Bupati Marukan dan sejumlah pejabat turut terlibat dalam panen perdana padi sawah yang telah ditanam poktan Agro Sejahtera di lahan seluas lima hektare tersebut.

Diketahui, kegiatan tersebut juga merupakan panen padi perdana dan merupakan hasil musim tanam Oktober-Maret (Okmar).

"Kita bersyukur tanaman padi sawah yang dikelola kelompok tani Agro Sejahtera ini menuai hasil yang membanggakan dan sukses. Semoga ini pun menjadi percontohan bagi masyarakat lainnya," kata Marukan, di sela kegiatan.

Sementara itu, Kadistanakan Lamandau Sunarto, menyebutkan panen padi sawah yang berlangsung merupakan hasil tanam padi oleh kelompok tani setempat dengan varietas Inbrida Padi Sawah Irigasi (Inpari) dan varietas Ciliwung. Sehingga, kata dia, proses produksi padi dalam setahun bisa dua kali masa panen atau IP200

"Dari luasan sekitar lima hektare ini, jika dikonversikan hasil panennya menjadi 4,5 ton per hektare untuk gabah kering panen (GKP)," kata dia.

Untuk itu, sebut dia lagi, jika dikonversikan ke gabah kering giling (GKG) hasilnya menjadi 3,97 ton per hektare, dan jika dikonversikan ke beras bisa menjadi 2,49 ton beras per hektare. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru