Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sario, Petani Asal Kebumen Mampu Panen Padi Dua Setahun di Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 17 Februari 2017 - 05:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sario memang beda. Petani berumur 60 tahun asal Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini mampu panen padi sawahnya di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, dua kali untuk dua kali musim tanam dalam setahun. Petani lainnya, di wilayah Bupati Sudarsono itu, hanya melakukan panen padi untuk satu kali musim tanam saja.

"Ini padi saya tanam November 2016. Baru akan bisa dipanen sekitar Maret 2017 nanti. Luas lahan punya saya sekitar sepuluh hektare," kata Pak Sario, ketika disambangi Borneonews, pada lahan pertaniannya di daerah Beriut, Kuala Pembuang, Kamis (16/2/2017) pagi.

Petani yang sudah puluhan tahun tinggal di Kuala Pembuang itu, mengatakan, padi yang akan segera dipanennya tersebut, merupakan hasil tanam kedua. Saat selesai musim panen pertama, lahan yang sudah dipanen langsung dia olah untuk kembali ditanami padi.

"Untuk satu kali panen saya bisa dapat sebanyak 15 ton lebih padi dari semua lahan yang saya tanami. Selama bertani saya dibantu anak laki-laki saya yang sudah dewasa," ujarnya.

Sario menuturkan, pola bertani padi dua kali musim tanam dalam setahun itu, buah kemauannya untuk bisa memperoleh hasil lebih dalam bertani. Menurut dia, kondisi lahan di kawasan pertanian ini sangat potensial sekali bisa dilakukan dua kali musim tanam dalam setahun.

"Hanya dari kemauan petaninya lagi. Saat petani lain tengah musim tanam, saya sudah bisa panen lagi. Begitu selesai panen, lahan saya garap lagi untuk kembali ditanam. Polanya tidak begitu sulit," ungkapnya. (PARNEN/N).

Berita Terbaru