Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Empat Desa Sempat Tenggelamkan Sejumlah Rumah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2017 - 15:32 WIB

BORNEONESW, Nanga Bulik - Banjir yang disebabkan luapan air Sungai Menthobi di Kecamatan Menthobi Raya dan sekitarnya ternyata sempat menenggelamkan sejumlah rumah.

"Ketinggian air yang meluap dari sungai itu kondisinya tak menentu. Bahkan sempat menenggelamkan sejumlah rumah, baik itu di Desa Lubuk Hiju, Batu Ampar dan Topalan," kata Camat Menthobi Raya, Riko Purwanto, Jumat (17/2/2017).

Riko menyebut, selain dikarenakan luapan air sungai, banjir juga disebabkan sejumlah daerah berada di dataran rendah. Dan letaknya tak jauh dari sekitaran sungai.

"Memang beberapa rumah di sana sempat tenggelam. Namun tidak lama, karena surutnya juga cepat," imbuhnya.

Dia menjelaskan, ketinggian dataran di sejumlah desa pun bervariasi. 

"Jadi ketinggian airnya pun beda-beda, ada yang sempat mencapai dua meter seperti di Desa Batu Ampar, ada juga yang mencapai sekitar 1,5 meter seperti di Desa Lubuk Hiju. Saat ini ketinggian air secara umum mulai surut," kata dia.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau, empat desa di kabupaten Lamandau dilanda banjir, meliputi Desa Lubuk Hiju, Desa Topalan dan Desa Batu Ampar di Kecamatan Menthobi Raya, serta Desa Pedongatan, Kecamatan Bulik Timur. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru