Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Sesalkan Sepasang Orangutan Dikawinkan Secara Paksa

  • Oleh Uriutu
  • 17 Februari 2017 - 17:04 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kalimantan Tengah (Kalteng), sesalkan sepasang orangutan dikawinkan secara paksa. "Kita sangat menyayangkan dalam proses mereka memelihara orangutan ini dikawinkan," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Kalteng, Nizar Ardhanianto kepada Borneonews, Jumat (17/2/2017) sore.

Ia mengatakan, mengawinkan itu suatu tindakan yang tidak boleh dilakukan karena di pusat rehabilitasi pun tidak diperkenankan untuk mengawinkan secara paksa satwa yang dilindungi. Proses reproduksi atau proses kawin itu, harus terjadi di alam dan berlangsung secara alamiah.

"Intinya bukan dikawinkan secara paksa yakni menempatkan sepasang orangutan ini dalam satu kurungan," tandas dia.

Nizar membeberkan, hasil perkawinan paksa sepasang orangutan ini memiliki satu orang anak. Namun, berdasarkan keterangan pemiliknya anak orangutan ini kabur karena berusia kurang lebih 2 bulan. "Saat ini kita sedang menelusuri kemana anak orangutan ini kabur," ucap dia.

Untuk itu, pihaknya tetap meminta konfirmasi kepada pemiliknya jika ditemukan mereka menginformasikan ke kita. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru