Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wanna Si Orangutan Ini Kembali ke Hutan Setelah Lama di Thailand

  • Oleh Roni Sahala
  • 17 Februari 2017 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dari 12 individu orangutan yang dilepasliarkan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng ada Wanna. Dia akhirnya kembali ke alam liar setelah sebelumnya sempat berada di Thailand.

Wanna akan dipulangkan ke alam liar di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan, Jumat (17/2/2017) petang. Paling lambat Sabtu (18/2/2017) pagi, Wanna sudah berada di alam, dimana dia memang diciptakan untuk hidup.

Wanna merupakan 1 dari 57 orangutan yang disita Pemerintah Thailand dari Theme Park di Bangkok pada 2004. Baru pada 2006 primata ini bersama 47 lainnya bisa dipulangkan ke Indonesia.

Kenapa hanya 48, ternyata 2 orangutan mati, sementara 7 orangutan lainnya didiagnosis menderita hepatitis B. Pemerintah Indonesia menghibahkan 7 satwa itu untuk Pemerintah Thailand guna kepentingan penelitian.

Pulangnya Wanna ke alam liar ini mesti menjadi peringatan bagi kita. Ternyata saat ini satwa yang hanya ada di Kalimantan dan Sumatera ini banyak diselundupkan ke negara-negara lain. (RONI SAHALA/B-6)

Berita Terbaru