Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Pulang Pisau Pengenalan Budaya Tradisional Harus Dilakukan Sejak Dini

  • Oleh James Donny
  • 17 Februari 2017 - 20:44 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau terus berupaya agar masyarakat terus menjaga, melestarikan serta mengembangkan kesenian dan kebudayaan daerah.

Kepala Dinas Budpar Pulang Pisau, Damek Panahan mengatakan pengenalan seni budaya tradisional sudah seharusnya dimulai sejak anak usia dini agar tumbuh dalam dirinya rasa untuk mencintai kesenian dan kebudayaan tradisional daerah.

Menurutnya aktivitas seni budaya harus mendapatkan tempat di Pulang Pisau, khususnya dalam membina kalangan generasi muda dalam hal yang positif.

Agar seni budaya di Pulang Pisau bisa terus bertahan dan berkembang, maka perlu dilakukan upaya yang lebih serius. "Salah satu yang kita laksanakan dengan menggelar momen bernilai seni budaya yang menjadi program tahunan kita dengan menampilkan generasi muda dalam berbagai pagelaran budaya tersebut," katanya, Jumat (17/2/2017)

Menurutnya dengan adanya even-even tersebut pembinaan sanggar dan pelaku kesenian terlaksana dan bisa terakomodasi karena mereka diberikan panggung untuk berkarya.

Ke depan bidang pariwisata harapnya memiliki program yang berjangka panjang untuk bisa membina serta merangkul para pelaku seni, seniman, tokoh seni budaya untuk bisa eksis menjaga dan melestarikan budaya dan seni tradisional daerah.

"Ini perlu juga ada kalender pertunjukan sehingga dapat dilaksanakan secara rutin. Kedepan ini juga menjadi pekerjaan rumah kita semua, baik pemerintah daerah dan semua pecinta seni dan budaya, sementara saat ini anggaran kita sangat terbatas dan hanya dapat untuk pelaksanaan kegiatan yang bersifat rutin di Dinas Budpar,' ujarnya. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru