Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kapuas: Musrenbang Merupakan Langkah Awal Perencanaan Pembangunan

  • 18 Februari 2017 - 01:44 WIB

BORNEO NEWS,Kuala Kapuas - Ketua DPRD Kapuas Algrin Gasan mengatakan, dilaksanakannya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan se-kabupaten ini merupakan langkah awal merencanakan pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat.

Menurut dia, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan kelanjutan dari Musrenbang tingkat desa/kelurahan. "Artinya, di Musrenbang ini merupakan kumpulan aspirasi dari masyarakat," kata Algrin, Jumat (17/2/2017).

Jadi, usulan pada Musrenbang itu hendaknya direalisasikan agar hasilnya dirasakan masyarakat. "Karena usulan itu kan dari ruang lingkup masyarakat, dari RT, dari desa/kelurahan, tingkat kecamatan, hingga naik ke tingkat kabupaten," nilainya.

Selain itu, menurut legislator Daerah Pemilihan III ini, di dalam Musrenbang, khususnya tingkat kecamatan, hendaknya didahulukan yang menjadi skala prioritas, agar pembangunannya ke depan betul-betul mengarah kepada kepentingan khalayak, dan sesuai kebutuhan dasar masyarakat. "Seperti infrastruktur jalan, kesehatan, dan pendidikan," ujarnya.

Kemudian, kata Algrin lagi,  usulan skala prioritas pada tahun lalu yang belum terakomodasi agar tahun ini bisa dimasukkan dalam anggaran.  "Supaya usulan prioritas itu tidak menjadi tunggakan," harapnya.

Sehingga, menurutnya, agar hasil Musrenbang tersebut berkualitas maka harus betul-betul dilaksanakan sesuai mekanisme dan ketentuannya, serta mampu mengakomodir aspirasi yang menjadi skala prioritas. "Sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunannya seperti yang diharapkan," pungkasnya. (DJIMMI NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru