Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Andina Narang Pimpin Kaukus Perempuan Parlemen Kalimantan Tengah

  • Oleh Ariananta
  • 18 Februari 2017 - 06:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Andina Thresia Narang memimpin Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Kalimantan Tengah. Politisi PDI Perjuangan itu, dilantik bersama pengurus lainnya oleh Ketua Presidium Nasional KPP RI, Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Sebanyak 13 anggota DPRD Kalteng resmi dilantik sebagai pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Jumat (17/2).

Gusti Kanjeng Ratu Hemas, berharap agar KPP Kalteng yang dilantik mulai berlari kencang dengan sisa waktu yang hanya dua tahun untuk bekerja menyusun program kerja, termasuk melantik pengurus KPP kabupaten/kota.

'Sisa waktu ini harus digunakan dikejar, untuk memberikan pendidikan politik bagi perempuan, juga bagi laki-laki karena pendidikan politik sangat penting,' harap Ratu Hemas, yang juga Wakil Ketua DPD RI, dalam pelantikan KKP Kalteng disaksikan Ketua DPRD Kalteng, R Atu Narang, Wakil Ketua H Abdul Razak dan anggota DPRD Kalteng, serta dihadiri anggota DPRD Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

Ratu Hemas juga minta KPP Kalteng berjuang agar keterwakilan kaum perempuan duduk di parlemen dan di jajaran pimpinan eksekutif semakin meningkat minimal sebanyak 30 persen untuk dapat maksimal membantu pemerintah daerah. Istri Raja Yogyakarta yang juga Gubernur DI Yogyakarta itu, menyarankan agar KPP Kalteng bersama KPP kabupaten/kota nantinya giat melakukan kegiatan pendidikan politik bagi kaum perempuan maupun laki-laki di wilayah masing-masing.

Salah satu tantangan KPP pusat maupun daerah, adalah perjuangan dalam UU Pemilu, khususnya menyangkut sistem terbuka maupun tertutup yang saat ini masih mengalami tarik ulur. UU Pemilu, kata Ratu Hemas, juga menjadi salah satu pusat perhatian KKP, sebab ada poin yakni menyangkut sistem yang tertutup dan terbuka. Memang sistem tertutup bisa menguntungkan perempuan parlemen, tapi di satu sisi bagi parpol sangat sulit.

Sementara UU Parpol akhir 2017 harus selesai, tapi saat ini masih terjadi tarik-menarik terkait sistem itu, termasuk menyangkut soal tambahan anggota KPU,' katanya.

Ketua KPP Kalteng, Andina Thresia Narang memastikan kehadiran KPP Kalteng yang baru pertama kali dibentuk di wilayah ini akan mampu memberi warna baru bagi anggota legislatif se-Kalimantan Tengah. Kata anggota Komisi D dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini, pihaknya siap membantu pemerintah daerah serta siap memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dan anak.

Andina berjanji, bekerja keras dan cepat untuk menyusun program kerja termasuk melakukan pelantikan pengurus/anggota KPP kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Ketua DPRD Kalteng, R Atu Narang pada kesempatan tersebut juga memberi dorongan dan motivasi serta apresasi atas terbentuknya KPP Kalteng. Sebab menurut dia keberadaan KPP Kalteng diharapkan dapat berperan aktif untuk memperjuangkan kesetaraan gender di wilayah ini. Dia mengharapkan KPP Kalteng, terus menjalin komunikasi, menjalin sinergitas dan efektivitas untuk memberikan saran, masukan serta kritikan dalam berbagai kebijakan publik di wilayahnya. (ARIANATA/PPOST/N).

Berita Terbaru