Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Evaluasi Dua Bandara di Kawasan Barito

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 Februari 2017 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, menekankan perlunya evaluasi terhadap dua bandara di kawasan Barito. Hal tersebut mengemuka saat menyambung kunjungan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi ke Palangka Raya.

Keberadaan bandara di kawasan barito yang dimaksudkan Sugianto adalah Bandara Beringin di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara dan Bandara Sanggu di Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

'Kiranya keberadaan dua bandara itu dievaluasi. Dilakukan pemetaan kembali efektifitasnya atau perlu tidaknya karena situasi jalan sekarang sudah tembus, sudah baik. Berbeda dengan dulu yang terisolasi. Sehingga cukup salah satu saja yang dikembangkan,' ucap Sugianto, Sabtu (18/2/2017).

Alasan Sugianto rasional, seperti dari segi keekonomian yang saat ini sudah tidak lagi menguntungkan. Masyarkat sudah berlomba menggunakan moda transportasi darat karena lebih efektif.

Dia malah heran ketika pemerintah kabupaten justru seolah berlomba membangun bandara.

'Apa karena gengsi Masa jalan darat sudah nyaman hanya beberapa jam saja, harus ada bandara. Itu operasionalnya besar dan tidak menguntungkan, sehingga perlu feasibility study (FS) lagi. Kita harus berpikir ekonomis, masih banyak kepentingan rakyat yang harus disentuh pembangunan,' pintanya.

Sementara tanggapan Menteri Budi saat itu, setuju dengan usulan gubernur, bahkan menganggap sebagai ide yang realistis.

'Memang harus berpikir begitu, harus realistis. Kita bangun bandara bagus dan runway panjang, apa betul maskapai besar mau mendarat ke situ Siapa yang naik Karena itu, hitung-hitungannya harus tepat, harus ekonomis. Pemkab jangan asal bangun,' jelasnya. (MUCHLAS ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru