Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi NasDem ini Minta Masyarakat Tak Berlebihan Tanggapi Kabar Serbuan TKA

  • 18 Februari 2017 - 17:58 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah, Hamdhani meminta masyarakat tidak terlalu mengkhawatirkan maraknya isu serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok.

"Kekhawatirannya jangan berlebihan, semua ada mekanismenya. Memang ada TKA asing, namun tidak sebesar seperti yang selama ini digembar-gemborkan," kata Hamdhani, Sabtu (18/2/2017).

Isu maraknya TKA asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia secara ilegal cukup meresahkan masyarakat. 

Dia menampik analisis yang menyebut kebijakan bebas visa yang diterapkan Indonesia untuk Tiongkok dan negara-negara lainnya turut memicu kedatangan pekerja asing. Yang terpenting saat ini adalah sistem keamanan perlu diperketat.

Pemerintah, sebut Hamdhani, memiliki skema pengawasan yang bersifat periodik, termasuk saat ada atau tidak ada masalah. Laporan masyarakat soal keberadaan tenaga kerja asing juga ditindaklanjuti. Terutama keberadaan pekerja asing ilegal.

"Tim Pengawas Orang Asing (PORA) juga telah dibentuk, nanti tim juga akan mengawasi setiap TKA yang beraktifitas di sini. Tidak perlu khawatir, sampai saat ini kondisinya masih stabil, keluar masuk orang asing juga masih normal," pungkas dia. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-11)

Berita Terbaru