Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buka Lahan Tanpa Bakar, Pulang Pisau Optimalkan Cetak Sawah

  • Oleh James Donny
  • 19 Februari 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau mengupayakan solusi membuka lahan tanpa bakar tahun 2017 ini. Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan optimalisasi lahan cetak sawah yang sudah ada.

Namun, kata Slamet, solusi tersebut harus memiliki perencanaan yang impikasinya memberikan hasil baik bagi produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Menurutnya, di Kabupaten Pulang Pisau telah hadir PT Sinar Pangan Indonesia (SPI), yang bergerak sejak tahun 2016 di bidang pengemabngan pertanian khsususnya padi. "Mereka bermitra dengan petani dan ada rencana juga untuk bekerjasama dengan petani dalam rangka memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian," kata Slamet, Sabtu (18/2/2017)

Bermitra dengan, SPI akan ada pembagian hasil dengan petani. Kerja sama berlangsung lima tahun, dan setelahnya dapat diperpanjang lagi.

"Mereka juga yang akan menetukan hasil, dan pasarnya sudah jelas karena mereka yang punya pasar punya produksi. Demikian juga untuk karhutla, mereka sudah mengerti tidak ada pembakaran lahan," katanya. (JAMES DONNY/B-10)

Berita Terbaru