Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Sektor Perkebunan Harus Optimal

  • Oleh James Donny
  • 19 Februari 2017 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sektor perkebunan harus dibenahi dan dioptimalkan, karena perkebunan berperan strategis sebagai penghasil devisa, menyerap tenaga kerja, dan konservasi lahan.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Jayadikarta. Ia mengatakan, tidak sepenuhnya pembangunan sektor perkebunan menjadi tanggung jawab pemerintah.

"Ini tentunya dibutuhkan peran serta dari seluruh pelaku kepentingan yang meliputi pemerintah pusat dan daerah, swasta yang bergerak dalam usaha perkebunan, serta masyarakat," katanya, Sabtu (18/2/2017).

Dia menyambut baik masuknya beberapa industri yang mengelola hasil perkebunan di Kabupaten Pulang Pisau, seperti karet, sengon hingga sawit.

Kemitraan pemerintah dengan pihak-pihak tersebut menurutnya sangat penting. "Apabila potensi pekerbunan tersebut dikelola dengan optimal, maka masyarakat pulang pisau yang hidup dari sektor perkebunan itu lebih sejahtera," katanya.

Peran bersama dengan pola pikir yang modern serta ide-ide kreatif diperlukan untuk membuat terobosan-terobosan di sektor perkebunan ini.(JAMES DONNY/B-10)

Berita Terbaru