Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Sawit di Kotawaringin Timur Dianjurkan Pelihara Sapi

  • Oleh M. Rifqi
  • 19 Februari 2017 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petani kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dianjurkan juga memelihara sapi sebagaimana konsep integrasi sawit-sapi.

"Integrasi sawit-sapi itu tentu akan menguntungkan bagi petani. Karena di beberapa daerah yang banyak perkebunan kelapa sawit seperti Provinsi Riau, integrasi sawit-sapi itu menghasilkan keuntungan ganda," kata Anggota Komisi II DPRD Kotim Roy Lumban Gaol, Minggu (19/2/2017).

Roy mengatakan, berdasarkan hasil kajian ahli peternakan, dengan mengonsumsi pakan yang berasal limbah kelapa sawit proses penggemukan sapi bisa lebih cepat. Di sisi lain, kotoran sapi juga bisa menjadi pupuk alami yang akan menyuburkan tanaman sawit.

Meskipun demikian, politisi PAN itu mengakui, kendala di lapangan yang menjadikan petani belum mengintegrasikan sawit-sapi karena bibit sapi untuk diternakkan cukup mahal. Karena itu, dia berharap instansi terkait bisa memfasilitasi untuk program integrasi sawit-sapi dengan menggandeng petani lokal.

"Penyediaan bibit sapi itu bisa masuk dalam program untuk target swasembada daging. Kalau petani-petani sawit kita mengintegrasikan sawit-sapi, maka saya yakin swasembada daging bisa tercapai," kata Roy. (MUHAMMAD RIFQI/B-5)

Berita Terbaru