Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Jika ada Bisnis Online Seperti ini

  • 19 Februari 2017 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat patut waspada jika ada bisnis online dalam bentuk investasi atau jual beli valuta asing (valas) yang menjanjikan keuntungan besar tanpa resiko.

Salah satu Trader yang sudah lama bermain bisnis online, HM Rizki Abadi menjelaskan biasanya penipu akan meyakinkan calon investor bahwa tidak ada risiko.

"Pelaku juga akan meminimalisasi bukti, misalnya tidak adanya bukti kerjasama yang bisa dijadikan alat bukti sah untuk melapor pada pihak berwajib jika ternyata program tersebut penipuan," paparnya.

Untuk menghindari investasi bodong, dia memberikan tiga cara yang bisa dilakukan agar masyarakat bisa menentukan pilihan investasi yang benar. Pertama, dalam berinvestasi kedepankan pertimbangan rasional.

"Investasi yang menawarkan keuntungan yang tidak wajar patut dicurigai sebagai penipuan yang berkedok investasi, apapun bentuknya," sebutnya.

Dia juga meminta masyarakat mempelajari batas tertinggi keuntungan yang mungkin bisa dicapai menurut ketentuan perbankan dan keuangan.

Kedua, cermati apakah pihak yang menawarkan investasi betul-betul legal. Calon investor harus melakukan pengecekan apakah perusahaan tersebut terdaftar di lembaga yang menangunginya atau tidak.

Terakhir, investasi harus melalui surat perjanjian kerjasama yang sah. Pihak yang menawarkan investasi legal dipastikan akan menyodorkan nota kerjasama yang memiliki kekuatan hukum untuk mengikat kedua belah pihak.

"Jika tidak ada syarat-syarat tersebut, tinggalkan saja program investasi tersebut," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-6)

Berita Terbaru