Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawang Dayak, Tanaman Obat Suku Dayak (1)

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2017 - 05:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sudah menjadi rahasia turun temurun bahwa masyarakat bergaul sangat erat dengan alam. Maka tidak heran jika banyak ramuan tradisional yang dipercaya sejak lama oleh suku Dayak sebagai tanaman berkhasiat dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Salah satunya bawang Dayak yang seperti namanya sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obatnya warga Dayak.

"Bawang Dayak kalau kita bilang, ada juga yang nyebutnya bawang tiwai, bawang sabrang, bawang berlian, bawang lubak, teki sebrang, malah ada yang nyebutnya bawang hantu. Ini tanaman khas kita Kalteng," ungkap Indu Ani, penjual yang juga memproduksi sendiri aneka ramuan obat khas Dayak di Pasar Kahayan Palangka Raya, Minggu (19/2/2017).

Tumbuhan umbi berwarna merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya yang berwarna putih ini menurut Indu Ani selain digunakan sebagai tanaman obat tanaman juga dapat digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah.

"Bawang Dayak berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes melitus, dapat juga digunakan sebagai obat sakit perut. Secara turun temurun bawang dayak sudah dipergunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit berat maupun penyakit ringan seperti kanker payudara, membantu mengatasi penyakit diabetes melitus, menurunkan hipertensi, menurunkan kadar kolesterol, obat bisul, dan lainnya," tutup wanita berusia 44 tahun ini. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru