Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Warga Pendatang Harus Bisa Berbaur Dengan Masyarakat Lokal

  • Oleh Supri Adi
  • 20 Februari 2017 - 18:39 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Banyaknya pendatang di Kabupaten Murung Raya (Mura) membuat kehidupan sosial kemasyarakatan di kabupaten paling utara Provinsi Kalimantan Tengah ini semakin komplek. Salah satu pendatang paling banyak di Murung Raya yakni Suku Banjar.

Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph saat kegiatan pelantikan Pengurus Kerukunan Keluarga Banjar Kabupaten Murung Raya (Mura) mengatakan, hendaknya warga pendatang bisa berbaur dengan masyarakat lokal.

"Contohnya masalah bahasa saja. Kita semua tahu semua suku asli Mura bisa berbahasa Banjar, tetapi sebaliknya bisa dihitung dengan jari orang Banjar bisa berbahasa lokal, seperti bahasa Bakumpai dan Bahasa Siang," ungkap Bupati saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Pengurus Kerukunan Keluarga Banjar di GPU Tira Tangka Balang, Senin (20/2/2017).

Bupati juga mengatakan masyarakat pendatang, khususnya warga Banjar, cenderung membawa 'bendera' sendiri ketika berada di lingkungan sosial, baik itu dari segi budaya atau bahasa.

"Tentu bagus kita menjunjung budaya kita, akan lebih baik kalau kita bisa berbaur dengan kearifan lokal setempat dan bila terjadi perselisihan tentu akan lebih mudah untuk mengatasinya. (SUPRI ADI/B-8)

Berita Terbaru